14 Nov 2016

Program Pembuatan Garis dengan OpenGL pada Dev C++




OpenGL adalah kumpulan standard API (Application Programming Interface) yang menghubungkan software dengan hardware grafis untuk menampilkan gambar 2D dan 3D. Intinya OpenGL itu adalah kumpulan library untuk mengakses hardware (GL= graphical library). OpenGL mendefinisikan berbagai instruksi untuk menggambar objek, image (umumnya 3D) dan melakukan berbagai operasi terhadap objek-objek tersebut. OpenGL tidak mengandung source code, hanya spesifikasi saja. Pembuat GPU (graphical processing unit) seperti NVIDIA, Intel, Samsung dll yang akan membuat implementasi. Dengan cara ini walaupun GPU diproduksi oleh berbagai produsen dengan berbagai berbagai variasi tipe dan implementasi, semuanya dapat diperintah dengan spesifikasi yang sama. OpenGL dirancang independen terhadap sistem operasi, hardware, maupun bahasa pemrograman yang digunakan. Bahkan jika GPU tidak tersedia, openGL dapat dijalankan diatas software yang mengemulasi hardware, tentu dengan kinerja yang lebih rendah. OpenGL adalah low level API, jadi saat kita menggambar suatu objek kita harus mengirimkan terlebih dulu objek, texture, shaders dan lainnya. Ini membuat programming dengan OpenGL bisa jadi hal yang rumit, tapi disisi lain jadi lebih powerfull dan fleksibel. Bagi pemula hal ini bisa memusingkan karena terdapat banyak variasi teknik yang dapat dilakukan untuk mencapai hasil yang sama. Umumnya pengembang game tidak menggunakan openGL secara langsung, tetapi melalui game engine seperti Unity.
Seperti yang sudah diketahui diatas, jadi jika ingin membuat sebuah ‘Program Pembuat Garis’ maka dibutuhkan Library OpenGL. Untuk melakukan suatu pemrograman grafis, salah satunya dapat menggunakan GLUT pada suatu compiler C++. Programer dapat menggunakan Visual C++ atau DevC++, yang mana kedua compiler tersebut adalah yang paling sering digunakan, dan memiliki fitur yang hampir sama. Perbedaan yang paling mencolok antara keduanya yaitu DevC++ gratis sedangkan Visual C++ berbayar.

Apa sih Dev C++ itu ?
Dev C++ merupakan software yang dikembangkan oleh Bloodshed adalah grafis IDE fitur lengkap (Integrated Development Environment), yang mampu membuat Windows atau konsol berbasis C / C + + program menggunakan sistem kompiler MinGW. MinGW (Minimalis GNU * untuk Windows) menggunakan GCC (GNU g+ + compiler collection), yang pada dasarnya adalah sistem compiler yang sama yang ada di Cygwin (program lingkungan unix untuk Windows) dan sebagian besar versi Linux.
Dev C++ dapat membuat program yang berbahasa C dan C++. Perbedaan C dan C++ adalah pada library, C++ memiliki library dan algoritma yang lebih banyak daripada C. Tapi akan lebih baik jika anda mempelajari dasarnya dahulu, yaitu bahasa C. Library OpenGL pada Dev C++ dinamakan GLUT.

Berikut ini cara memasukan GLUT pada Dev C++


Setelah itu klik Install dan pilih dimana kita menyimpan Glut yang telah didownload sebelumnya. Biarkan Glutnya tetap .rar atau .zip.


Setelah itu pilih Open dan akan terbuka sebuah jendela instalasi. Pilih Install dan tunggu hingga selesai.


Untuk memulai sebuah project bisa dilakukan dengan cara new > project.


Setelah itu pilih Console Application dan beri nama project anda sesuai yang anda inginkan



Perlu diketahui juga, jika operating system yang anda gunakan adalah 64 bit dan cara diatas tidak dapat digunakan, maka anda bisa melihatnya di Tutorial Instalasi Glut 64bit.


SCRIPT PROGRAM PEMBUAT GARIS

Bisa dilihat pada gambar berikut atau bisa di download Disini


Adapun untuk memenuhi tugas saya sebagai Mahasiswa pada mata kuliah yang bersangkutan maka untuk Contoh Program dan Penjelasan lebih lanjut mengenai scriptnya, bisa di download pada Program Garis & Penjelasannya.


.
AzizMusya Human

Humans tend to think logically, but their action are driven by emotions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Copyright © 2013 Arc Omega - Powered by Blogger - Designed by Aziz Musyaffa -