11 Mar 2016

Robot Manusia (Humanoid)


Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program . Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan SAR (search and rescue).
Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki wajah, lengkap dengan mata dan mulut .
Humanoid termasuk kategori robot dengan applikasi teknologi masa depan, karena robot ini tidak hanya dilengkapi dengan sensor tetapi juga program-program lainnya. Di antaranya program voice sanitizer atau yang sering juga disebut dengan vocaloid.
Perkembangan robot humanoid bisa dibilang cepat, teknologi yang dipergunakan juga semakin hari semakin canggih. Robot humanoid pertama yang menggunakan teknologi masa depan adalah robot ASHIMO, yang perkembangannya terus diperbarui setiap tahunnya. ASHIMO merupakan robot humanoid pertama yang memiliki kemampuan berjalan yang diperkenalkan oleh honda pada 2000. Tipe robot humanoid berikutnya adalah tipe HRP-4C dan Actroid. HRP-4c dibuat menyerupai robot wanita yang dilengkapi dengan wajah dan juga suara. Tidak hanya itu perkembangan terbaru dari HRP-4C memungkinkan robot untuk menirukan ekspressi manusia ketika sedang berbicara ataupun bernyanyi. Actroid merupakan robot tipe android yang juga menyerupai bentuk fisik manusia dengan tingkat visualisasi yang hampir sama dengan manusia.

Contoh Robot Manusia :

1.    ASIMO





ASIMO, para penggiat robotika mana yang belum pernah mendengar dan tahu akan robot humanoid (robot manusia) terpintar di dunia buatan Honda ini. Dengan ciri-ciri yang mudah sekali dikenali yaitu robot setinggi 130 cm dan berat 54 kg, berbentuk menyerupai seorang astronot yang membawa tas ransel. Asimo bisa berjalan dengan kedua kakinya layaknya seorang manusia hingga kecepatan 6 km/jam. Asimo diciptakan di Pusat Penelitian dan pengembangan Honda di jepang yaitu Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako. Versi asimo yang sekarang merupakan versi yang ke 11 sejak awal dimulainya proyek ASIMO ini yaitu pada tahun 1986.

2.    Otonaroid dan Kodomoroid



Otonaroid (gabungan kata dari “orang dewasa” dalam bahasa Jepang dan “android”) dan Kodomoroid (gabungan kata “anak-anak” dalam bahasa Jepang dan “android”) menyerupai seorang gadis kecil. Robot ini bisa membaca berita dan tweet dalam berbagai macam bahasa. Kedua robot ini sangat mirip dengan manusia ditambah lagi Kedua robot ini bisa berkedip, mengangguk, dan memiliki berbagai macam ekspresi wajah. Sayangnya, kedua robot ini tidak bisa berjalan.

3.    Kirobo



Dibuat berkat kerja sama antara University of Tokyo, Toyota, Robo Garage, dan agen periklanan Dentsu, Kirobo adalah robot juru bicara berukuran mungil untuk Japan’s Aerospace Exploration Agency (JAXA). Robot manusia berukuran 34cm yang tampak seperti robot di komik-komik Jepang ini menjadi robot pertama yang melakukan percakapan di luar angkasa. Agustus lalu, Kirobo terbang ke International Space Station untuk melakukan percakapan di luar angkasa dengan astronot JAXA Koichi Wakata. Kirobo bisa membedakan suara dan melakukan percakapan dasar dalam waktu lama.

4.    Chapit



Jauh sebelum Pepper, perusahaan Jepang Raytron sudah menawarkan robot otomisasi rumah yang bisa melakukan percakapan sederhana bernama Chapit. Diluncurkan tahun 2007, Chapit memungkinkan penggunanya mengendalikan perangkat seperti TV dan AC melalui perintah suara. Robot ini sudah dilengkapi dengan sedikit kosakata sejumlah 100 kata, tapi bisa mempelajari sampai 10.000 kata. Tampak lebih mirip dengan monyet yang lucu daripada manusia, Chapit juga bisa mengenali apakah lawan bicaranya adalah laki-laki, perempuan, atau anak-anak.

5.    Robokind Milo



Robot ini dirancang untuk anak-anak penderita autis atau anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus lainnya. Robokind Milo ini dapat menunjukan ekspresi ketakutan, bahagia, ataupun kesedihan. Motor penggerak pada wajah didesain dengan bahan seperti kulit sehingga tidak tampak kaku dalam mengespresikan wajah robot tersebut.
Robot ini juga mampu merespon dan menganalisis keluhan anak-anak dengan cara menganalisis pola wajah yang diberikan. Milo dengan tingginya 22 inchi dan memiliki 22 gerakan yang berbeda termasuk menggelengkan kepala atau mengangkat lengan yang menunjukan ekpresi kegembiraan.
AzizMusya Human

Humans tend to think logically, but their action are driven by emotions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Copyright © 2013 Arc Omega - Powered by Blogger - Designed by Aziz Musyaffa -